Khusus Pengguna Red Hat Enterprise Linux 4

0 komentar
Share:
Setelah saya perhatikan, banyak instansi yang pakai Red Hat sebagai server. Meski sudah komersial di subskripsi, RHEL 4 masih jauh lebih murah. Akhirnya, TKJ SMK Sandikta pakai juga RHEL 4 sebagai distro resmi Linux-nya untuk pelajaran sehari-hari siswa.

Namun, dalam proses penginstalan aplikasi-aplikasi lain selain yang termaktub di dalam CD Paketnya, RHEL 4 saya 'kewalahan'. Banyak dependencies yang musti dicari-cari lagi. Ruwet !!

Tapi, oprek punya oprek, ada juga solusinya. Secara kodrati, RHEL 4 yang burningan biasa kita beli di www.gudang-linux.com tidak bisa langsung disetel buat nge-mount windows partition. Juga, ia tidak bisa langsung mengenali aplikasi-aplikasi lain non-RedHat seperti .mp3 dan sejenisnya.

Solusi yang ada adalah :

1. Kita harus menambah sekurang-kurangnya 2 file berikut :

libxml-1.8.17-12.i386
[bisa kita cari sama om goog] file ini buat semacam upgrade kernel [lumayan, ketimbang subskripsi]

kernel-module-ntfs-2.6.9-22.EL-2.1.20-0.rr.9.10.i686
[bisa kita cari juga sama om goog] file ini buat nge-mount partisi windows kita tapi saya cumen bisa read only aja, kalo ada yang bisa rw-in, kasih tau ya]

2. Setelah kedua file di atas kita install [perintahnya biasa ... rpm -ivh .....], kita bisa melakukan apapun dengan RHEL 4.

SELAMAT MENCOBA !!

Leave a Reply

Ketik komentar anda. Pada Beri komentar sebagai pilih Name/URL jika anda tak memiliki Google Account. Lalu klik Publikasikan.