Dia Pengganti Visio

0 komentar
Share:
Dalam membuat topologi jaringan, seringkali Visio digunakan. Namun, kini FLOSS sudah menyediakan DIA. Software ini berlisensi GPL (General Public License). DIA diproduksi di bawah GNOME Project, salah satu desktop grafis Linux. Jika tertarik, maka anda dapat mendownload-nya di sini.

Apa saja fitur yang ada di dalam DIA, sehingga kok perlu berpayah-payah migrasi dari Visio. Visio kan user-friendly dan lengkap! Menurut situs tempat download di atas, DIA memang diinspirasikan oleh Visio. Ia bisa digunakan untuk membuat aneka diagram. Juga, dia memiliki obyek-obyek khusus guna membangun hubungan antardiagram, UML, flowchart, gambar jaringan, dan sejenisnya. Potret Indonesia

DIA juga memungkinkan guna dibuatkan obyek-obyek baru dengan menuliskan script di file XML, yang memakai SVG buat menggambarnya. Dengan demikian, DIA dapat me-load serta menyimpang diagram dalam format XML (defaultnya gzip, buat menghemat ruang hardisk), dapat mengekspor diagram-diagram dalam format-format .eps .svg .xfig .wmf dan .png, termasuk mem-print diagram tersebut. 


Khusus masalah printer, kalau Linux anda termasuk sulit, pakai saja driver TurboPrint, set ke 300 dpi biar logonya ngga tercetak. So, tunggu apa lagi, mari coba bersama-sama.

Leave a Reply

Ketik komentar anda. Pada Beri komentar sebagai pilih Name/URL jika anda tak memiliki Google Account. Lalu klik Publikasikan.